Stand AMPHURI di Hajj Provision Exhibition & Forum Ramai Pengunjung
April 20, 2019
KBSA Terima Proses Visa Tanpa Data Biometrik VFS Tasheel
April 23, 2019

DPD AMPHURI Sumbagut Sosialisasi Sertifikasi ISO 9001:2015

AMPHURI.ORG, MEDAN – Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPD AMPHURI) Sumatera bagian Utara (Sumbagut) menggelar sosialisasi sertifikasi ISO 9001:2015 di Medan, Sabtu (20/4/2019). Dalam kegiatan hasil kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (LSUP) Ekual Indonesia ini diikuti sebanyak 20 biro travel penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) yang tergabung di DPD Sumbagut.

“Acara hari ini sangat penting khususnya bagi PPIU anggota AMPHURI , karena sesuai dengan tujuan dari AMPHURI memberikan edukasi dan support kepada PPIU yang bernaung dibawah asosiasi ini agar hadir di tengah masyarakat dengan manajemen yang high quality dan profesional serta mengedepankan kepuasan baik jamaahnya, mitra maupun pemerintah,” kata Ketua DPD AMPHURI Sumbagut, Maulana Andi Surya dalam keterangan resminya kepada redaksi melalui aplikasi pesan WhatsApp, Minggu, (21/4/2019).

Menurut Maulana menjelaskan, ISO 9001:2015 merupakan petunjuk atau persyaratan untuk menerapkan dan memelihara Sistem Manajemen Mutu pada suatu organisasi atau perusahaan. Dimana dalam sistem manajemen mutu ISO 9001 menyediakan kerangka kerja bagi perusahaan, yang bertujuan agar terciptanya konsistensi mencapai kepuasan pelanggan.

Adapun manfaat dari ISO 9001, lanjut Maulana, diantaranya kepuasan pelanggan, menghemat biaya operasional, peningkatan hubungan dengan stakeholders, sebagai pemenuhan persyaratan, manajemen resiko, meningkatkan kepercayaan masyarakat sebagai pelanggan dan juga memperluas area bisnis.

Karena itu, Maulana berharap pada 2020 nanti, semua anggotanya sudah mengantongi sertifikasi ISO 9001:2015, sehingga mampu berkompetisi dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan profesional. “Semoga target ini bisa tercapai,” katanya.

Direktur Assayyidi Travel & Tours Banda Aceh, Amri Yusuf menilai acara ini sangat bagus bagi para pelaku usaha biro perjalanan haji dan umrah, khususnya yang belum memiliki sertifikat ISO 9001. “Benar-benar memberikan ilmu dalam rangka untuk mengembangkan bisnis pelayanan kepada para tamu Allah, sehingga kami sebagai biro travel bisa meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat muslim dalam hal ini yang hendak menunaikan ibadah haji dan umrah,” ujarnya. (hay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *