Inilah Lima Masalah Kesehatan Jelang Puncak Haji
July 31, 2019
Setiap Hari, Amirul Hajj Bakal Sambangi Pondokan Jamaah Haji
August 2, 2019

Saudi Luncurkan Layanan Jaringan 5G

AMPHURI.ORG, MEKKAH–Gubernur Mekkah, Pangeran Khaled Al-Faisal, meluncurkan layanan jaringan generasi ke lima (5G) di Mekkah, pada Rabu (31/7/2019) waktu setempat. Peresmian itu juga dihadiri Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Arab Saudi, Abdullah Al-Sawaha. 

Sebagaimana dilansir di Arab News, Kamis (1/8/2019), layanan jaringan 5G ini merupakan fase kedua dari prakarsa ‘Haji Pintar’. Disebutkan bahwa inisiatif ini bertujuan untuk menyediakan layanan yang inovatif bagi jamaah melalui berbagai platform digital. 

Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Arab Saudi, Abdullah Al-Sawaha mengungkapkan laporan terperinci yang mencantumkan persiapan dari kementerian yang dipimpinnya serta program-program baru untuk musim haji tahun ini.

Dalam laporan itu diungkap, bahwa  Komisi Teknologi Informasi dan Komunikasi serta perusahaan telekomunikasi telah memperkuat jaringan untuk membantu jamaah yang mengunjungi tempat-tempat suci. 

Al Sawaha memaparkan rencana operasional untuk sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta persiapan teknis. Dia juga mengatakan, peluncuran teknologi 5G di Mekkah akan menciptakan 37 stasiun yang didistribusikan di wilayah pusat dan di situs-situs suci. Dalam rangka mencapai tingkat jangkauan dan kecepatan tertinggi, jaringan 4G akan tetap tersedia untuk memperkaya pengalaman digital bagi jamaah. 

Kemudian, dia juga mengatakan, jaringan 5G datang dalam kerangka kerja sektor TIK. Di samping itu juga didukung upaya semua lembaga pemerintah terkait dan organisasi sektor swasta.  

Menurutnya, peluncuran tahap kedua inisiatif Haji Pintar ini merupakan perpanjangan dari upaya inovatif kementerian yang dilakukan selama musim haji tahun lalu. Upaya tersebut meliputi layanan berkualitas, seperti platform pelatihan untuk mengajar mereka yang ingin membantu jamaah haji, platform realitas virtual untuk membantu jamaah asing melaksanakan ibadah haji, dan platform ponsel cerdas untuk memungkinkan jamaah haji mengunduh aplikasi. (hay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *