Saudi Luncurkan Layanan Jaringan 5G
August 1, 2019
Saudi Tetapkan Jadwal Lontar Jumrah Bagi Jamaah Haji Indonesia
August 5, 2019

Setiap Hari, Amirul Hajj Bakal Sambangi Pondokan Jamaah Haji

AMPHURI.ORG, JAKARTA–Amirul Hajj Indonesia yang juga Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan, bahwa delegasi penanggung jawab misi haji Indonesia yang dipimpinnya akan mengunjungi jamaah di pondokan-pondokan mereka setiap hari.

“Alhamdulillah malam ini kita baru saja menyelesaikan rapat internal dengan seluruh delegasi Amirul Hajj yang intinya adalah membahas agenda jadwal kegiatan Amirul Hajj beberapa hari ke depan,” kata Menag usai memimpin rapat internal agenda kegiatan Amirul Hajj di Kantor Urusan Haji Indonesia, di Mekkah, Kamis malam (1/8/2019), sebagaimana dikutip laman resmi Kemenag, Jumat (2/8/2019).

Dalam rapat tersebut, kata Lukman, juga disepakati anggota delegasi Amirul Hajj akan mengunjungi sektor-sektor dan hotel-hotel yang didiami oleh jamaah untuk menyampaikan motivasi, manasik haji, bimbingan yang perlu ditekankan kepada jamaah haji terkait dengan penyelenggaraan haji tahun ini.

Menurutnya, di setiap kunjungan nanti, para anggota delegasi itu akan memotivasi jamaah agar tetap bisa menjalankan haji dengan sebaik-baiknya. “Dan harapannya tentu bisa mencapai tingkat kemabruran khususnya ketika mereka kembali ke Tanah Air,” katanya.

Menag juga bersyukur bahwa anggota delegasi Amirul Hajj itu berasal dari daerah yang berbeda-beda ada yang dari Sumut, Makassar, Jabar, hingga Jateng sehingga mempermudah komunikasi dengan jamaah sesuai dengan zona atau wilayahnya.

“Disepakati bahwa mereka akan mengunjungi sektor-sektor setiap hari dari jam 09.00-11.00 pagi selama dua jam dimana mereka akan didampingi oleh konsultan ibadah haji dan beberapa petugas sektor yang ada,” ujarnya.

Delegasi Amirul Hajj tahun ini dikomandoi oleh Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama), Naib Amirul Hajj A. Bunyamin Ruhiyat (PBNU) dan M. Busyro Muqaddas (Muhammadiyah), serta Sekretaris Muchlis M. Hanafi (Kemenag).

Sementara anggota terdiri dari Hamid Balfas (Al Irsyad Al Islamiyah), Yusnar Yusuf Rangkuti (Al Washliyah), Imam Addaruqutni (DMI), Hamzah Harun Al Rasyid (UIN Alauddin Makassar), Rofiqul Umam Noeril Huda (MUI), Umar Al Haddad (Rabithah al Alawiyah), Ali Machfudon Abdillah (JATMAN), dan Pattiselano Roberth Johan (Kemenkes). Sedangkan Staf Sekretariat terdiri dari Ahmad Zayadi (Kemenag) dan Khoirul Huda Basyir (Kemenag).  (hay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *