Penerbangan Langsung Semarang-Jeddah Bakal Tingkatkan Jumlah Jamaah Hingga 20 Persen
August 16, 2019
Berikut Inovasi Pemerintah Saudi Layani Jamaah Haji
August 18, 2019

Evaluasi Awal, Menag Minta Kualitas Ibadah Haji Ditingkatkan

AMPHURI.ORG, JEDDAH–Penyelenggaraan haji pada tahun ini memang belum selesai secara keseluruhan, namun setidaknya semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan haji bisa mendapatkan hal-hal yang sifatnya pokok yang bisa dicermati dan dikembangkan di masa mendatang.

“Meski belum selesai penyelenggaraan haji tahun ini, tapi setidaknya di tengah-tengah penyelenggaraan haji tahun ini apalagi pasca wukuf, kita bisa mendapatkan hal-hal yang sifatnya pokok yang bisa dicermati dan kita kembangkan ke depan,” kata Menteri Agama yang juga Amirul Hajj, Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya di exit meeting yang membahas perkembangan penyelenggaraan haji 2019 di Jeddah, Sabtu sore (17/8/2019) waktu setempat, sebagaimana dikutip laman kemenag.go.id, Minggu, (18/8/2019).

Dalam pertemuan itu, turut hadir Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, pimpinan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2019, dan seluruh delegasi Amirul Hajj.

Menag mengatakan, ada beberapa masukan dari delegasi Amirul Hajj, utamanya terkait peningkatan kualitas ibadah jamaah haji. Selain itu, buku-buku manasik haji perlu terus dilengkapi dengan tata cara berhaji ditambah hal-hal yang lebih substantif dari ritual prosesi haji yang tahapannya sangat panjang. “Oleh karenanya saya menyatakan bahwa tahun depan harus kita jadikan tahun peningkatan kualitas ibadah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menag menyebutkan, selain melengkapi buku panduan haji, petugas pembimbing ibadah juga perlu ditambah agar jumlahnya lebih proporsional dengan jamaah haji yang ada. Proses rekrutmennya juga akan lebih selektif, sehingga kualitas pembimbing ibadah juga meningkat.

Menag menegaskan bahwa exit meeting merupakan evaluasi awal. Setelah nanti pelaksanaan haji tahun ini berakhir, evaluasi menyeluruh akan kembali dilakukan. “Pada saatnya nanti evaluasi akhir, kita bisa melihatnya secara keseluruhan. Namun setidaknya sekarang ini kami merasa apa yang menjadi harapan kita sebagian besar sudah bisa terpenuhi,” katanya. (hay/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *