Kemenag Kembangkan Sistem Pembayaran Online
October 28, 2019
PPIU Indonesia Harus Bisa Bersaing dengan PPIU Saudi
October 30, 2019

AMPHURI Teken Kerjasama dengan UIN Jakarta

AMPHURI.ORG, TANGERANG SELATAN–Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPP AMPHURI) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta sepakat menjalin kerjasama dalam rangka optimalisasi Tri Dharma perguruan tinggi. Kesepakatan tersebut tertuang dalam nota kesepahaman antara kedua belah pihak yang ditandatangani oleh Ketua Umum DPP AMPHURI Joko Asmoro dan Wakil Rektor IV Prof Dr Andi M. Fausal Bakti, MA mewakili rektor, di Tangerang Selatan, pada Selasa, (29/10/2019).

Sebagai implementasi nota kesepahaman tersebut, di tempat yang sama, dilakukan pula penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara DPP AMPHURI dengan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fidikom) UIN Jakarta dalam bidang pengembangan sumber daya manusia dan pendidikan yang ditandatangani oleh Ketua Umum DPP AMPHURI Joko Asmoro dan Dekan Fidikom, Dr Suparto, M.Ed, Ph.D.

Ketua Umum DPP AMPHURI, Joko Asmoro dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada dunia civitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah menggandeng AMPHURI untuk turut serta ikut mencerdaskan kehidupan bangsa melalui dunia pendidikan. Menurutnya, AMPHURI sebagai sebuah asosiasi travel agent haji dan umrah pertama dan terbesar di Indonesia patut bangga menjadi bagian dari dunia akademisi.

“Kami dari kalangan professional, tentu sangat membutuhkan SDM yang mumpuni yang ada di UIN Jakarta untuk membantu kami dalam peningkatan dunia usaha,” katanya.

Joko berharap, dengan adanya kerjasama ini, AMPHURI beserta anggotanya setidaknya tidak akan susah untuk mendapatkan calon-calon tenaga kerja yang siap pakai, terlebih khusus di bidang penyelenggaraan haji dan umrah. “Saya yakin lulusan UIN Jakarta akan mampu bersaing di dunia usaha. Dan dengan kerjasama ini, kami siap menampung mahasiswa yang akan melakukan program magang, atau penelitian lainnya,” kata Joko.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Prof Andi mengatakan, pihaknya sebagai lembaga pendidikan memang terus berupaya untuk menanamkan entrepreneur mindset pada mahasiswanya. Dengan adanya nota kesepahaman ini, kata Prof Andi, terlebih lagi langsung disepakati pula kerjasama pengembangan pendidikan oleh fakultas sebagai turunannya, maka UIN Jakarta akan mampu tampil di pentas dunia.

“Di awali dengan kuliah umum ini, lalu kemudian nanti akan ada program magang, penyusunan skripsi, pembukaan laboratorium praktek, semoga AMPHURI bisa banyak mendapat manfaat dari kerjasama ini,” kata Prof Andi.

Dengan kerjasama ini, melalui magang atau penyusunan skripsi, mahasiswa akan mendapatkan langsung data primer. Sebab, dalam dunia akademis, data primer menjadi syarat wajib dari sebuah penelitian yang benar-benar dapat dipertanggungjawabkan. “Kalau data sekunder apalagi tersier, boleh jadi akan diabaikan,” tegasnya.

Kehadiran AMPHURI sebagai sebuah asosiasi perusahaan perjalanan haji dan umrah yang sudah tentu menjunjung profesionalitas, setidaknya akan memberi nilai lebih pada UIN Jakarta sebagai International Entrepreneurship University. “Apalagi jaringan AMPHURI tidak hanya di seluruh Indonesia, tapi di dunia, khususnya Timur Tengah, seperti yang tadi disampaikan Pak Joko,” ujar Prof Andi.

Sementara Dekan Fidikom Suparto yang ditemui usai penandatanganan mengatakan, kerjasama serupa sudah dilakukan antara AMPHURI dengan UIN Jakarta, hanya saja sebelumnya ruang lingkupnya lebih kecil yakni hanya dengan Jurusan Manajemen Dakwah, Fidikom yang berakhir Januari 2019 lalu. “Pada kerjasama kali ini cakupannya diperluas dan menyeluruh di lingkungan UIN Jakarta yang langsung di bawah rektor,” katanya. (hay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *