Satgas Umrah Sambangi Yogyakarta
December 31, 2019
Saudi Bakal Bangun Terminal Bus Berteknologi Tinggi
January 1, 2020

Cirebon Kini Miliki PLHUT

AMPHURI.ORG, CIREBON–Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Nizar kembali meresmikan gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu. Gedung yang diresmikan pada Senin, (31/12/2019) ini berlokasi di komplek Kantor Kemenag Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Menurut Nizar, gedung yang dibangun dengan skema pembiayaan SBSN ini merupakan gedung pusat layanan haji dan umrah kedua yang ada di Jawa Barat setelah Kabupaten Bekasi yang telah diresmikan sebelumnya.

Turut hadir pula dalam peresmian PLHUT tersebut, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis dan Kabag Perencanaan dan Humas, Slamet serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), perwakilan travel umrah dan perwakilan dari perbankan syariah.

Dalam sambutannya, Nizar mengatakan bahwa pembangunan PLHUT ini merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh Ditjen PHU dalam rangka peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat. “Perlu kami sampaikan bahwa pembangunan PLHUT ini merupakan salah satu inovasi Ditjen PHU selain inovasi-inovasi lainnya. Salah satu inovasi di dalam negeri adalah PLHUT, kalau inovasi di Arab Saudi adalah sistim Zonasi,” terangnya.

Nizar menegaskan, di tahun 2019 ini Kemenag telah membangun 16 PLHUT di sembilan propinsi, dua di antaranya berada di Jawa Barat. Rencananya, Kemenag akan membangun 40 PLHUT di tahun 2020. “Jawa Barat sendiri akan mendapatkan alokasi anggaran untuk membangun gedung PLHUT di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Subang dan Karawang,” ujarnya.

Karena itu, Nizar berharap dengan semakin banyaknya PLHUT, pelayanan haji dan umrah menjadi semakin baik. “Pada tahun-tahun sebelumnya itu orang kalau mau daftar haji harus mondar mandir dari bank setor, kemudian datang ke Kankemenag. Sekarang dengan adanya PLHUT langsung sehari jadi. Karena di dalam PLHUT sudah disediakan counter bank setoran bipih. Jadi dengan adanya PLHUT ini lebih praktis, termasuk layanan administrasi lainnya,” jelasnya.

Nizar juga mengapresiasi jajaran Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Barat dan Kemenag Kabupaten Cirebon karena telah berhasil mengawal pembangunan PLHUT ini selesai tepat waktu sehingga dapat segera digunakan untuk memberikan layanan haji dan umrah secara terpadu kepada masyarakat. (hay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *