Saudi Berlakukan Biaya Asuransi Sebesar SR189 Per 1 Januari 2020
January 2, 2020
KNKS: Bisnis Haji dan Umrah Dongkrak Kinerja Industri Perbankan Syariah
January 6, 2020

Citilink Buka Rute Surabaya-Jeddah

foto:dok.pemprov jatim

AMPHURI.ORG, SURABAYA–Citilink Indonesia membuka penerbangan umrah langsung dari Surabaya-Jeddah. Peresmian yang berlangsung di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo pada Senin (6/1/2020) itu dihadiri Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Garuda Indonesia Holidays Devi Yanti mengungkapkan, rute penerbangan ini baru akan dioperasionalkan pada 26 Januari 2019 mendatang.  “Untuk penerbangan yang tanggal 26 Januari itu udah dipesan 40 persen tempat duduk. Jadi kalau satu kali penerbangan mengangkut 365 penumpang, tiga kali dalam seminggu, berarti seminggu sekitar seribuan targetnya,” kata Devi, sebagaimana dikutip Republika.co.id.

Menurutnya, penerbangan yang baru diluncurkan ini menyasar kalangan menengah ke bawah. Penerbangan ini akan melengkapi penerbangan Garuda Indonesia, yang memang menyasar pasar kalangan menengah ke atas.

“Jadi harapannya kita masuk juga di middle ke bawah. Nah itu sudah pasti pasarnya baru. Kalau Garuda kan masih sasarannya menengah atas. Harganya mulai Rp 19.900.000 per paketnya,” katanya.

Pembukaan rute Surabaya Jeddah ini, kata Devi diyakini akan mendongkrak pertumbuhan pasar, khususnya untuk penerbangan internasional. “Untuk 2020, Citilink Indonesia menargetkan pertumbuhan pasar anatar 10 hingga 15 persen untuk penerbangan internasional,” tegasnya.

Sementara Wagub Jatim, Emil Dardak mengapresiasi langkah Citilink Indonesia yang membuka rute penerbangan langsung dari Surabaya ke Jeddah. “Ini sangat mendukung kebutuhan masyarakat Jatim dalam beribadah, khususnya ibadah umrah,” ujarnya.

Emil Dardak yang juga Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) di Jawa Timur merasa, masyarakat Jatim beruntung dengan adanya rute baru ini. Karena, kata Dardak, masyarakat Jatim yang mayoritas adalah muslim dapat menunaikan ibadah umrah dengan biaya yang sangat terjangkau.

Karena itu, Dardak pun optimistis, rute baru Citilink ini akan mendapat respon positif dari masyarakat. Terlebih, Jatim merupakan penyumbang jamaah haji dan umrah terbesar kedua secara nasional. (hay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *