Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semua.

Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim yang terbesar di dunia, yang pada tahun lalu 1439H (2017-2018) telah memberangkatkan jamaah umrah ke Saudi Arabia sudah lebih dari 1 juta jamaah (sebagai negara nomor dua terbesar di dunia dalam memberangkatkan jamaah umrah). Indonesia juga mendapatkan jumlah kuota haji terbesar di dunia dari Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia pada tahun tersebut sebesar 221.000 jamaah. Dimana 17.000 jamaah haji diantaranya merupakan jamaah yang operasional penyelenggaraannya oleh travel agent PIHK sebagai jamaah haji VIP.

AMPHURI (Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia), sebagai asosiasi yang beranggotakan travel agent penyelenggara ibadah umrah (PPIU) dan haji khusus (PIHK) adalah asosiasi tertua yang ada saat ini di Indonesia. Berdiri pada tanggal 1 September 2007, dengan jumlah keanggotaan terbesar saat ini dan telah memiliki sertifikasi ISO 9001-2015.

AMPHURI memiliki visi menjadikan organisasi ini yang berwibawa dan professional dalam membina dan memberdayakan anggotanya sebagai penyelenggara ibadah umrah dan haji khusus yang bersatu padu melayani seluruh kebutuhan umat Islam Indonesia dalam penyelenggaraan haji dan umrah.

Di samping itu, potensi wisata muslim atau ada juga yang menyebutnya halal travel terus berkembang. Hal ini terlihat dari perkembangan akomodasi dan fasilitas wisata Islami di sejumlah destinasi wisata, serta sejumlah event dan atraksi budaya lokal yang dikemas secara apik. Sehingga, tak heran bila secara bisnis penyelenggaraan haji dan umrah serta wisata muslim di Indonesia sangat prospektif. Tentunya kondisi ini sebanding dengan beratnya tantangan dan berbagai permasalahan yang dihadapi, terlebih di era persaingan global dan serba kekinian. Kehadiran AMPHURI sebagai sebuah asosiasi muslim menjadi penting dalam mengakomodir serta memfasilitasi berbagai kegiatan pembinaan, promosi dan kemitraan dengan berbagai pihak terkait dalam pelayanan Haji, Umrah dan industri pariwisata.

AMPHURI juga sebagai learning organization melalui berbagai program kegiatan. Seperti AMPHURI Business Forum (ABF), AMPHURI Peduli, AMPHURI International Tourism Expo (AITE), AMPHURI Management System (AMS), AMPHURI Reservation System (ARS), dan termasuk usaha bersama dalam bentuk koperasi (Koperasi ABM).

Pada akhirnya, AMPHURI akan selalu berkomitmen untuk mengabdi pada negeri dan berkhidmat untuk umat dengan terus ‘bangkit melayani’ dalam upaya peningkatan kapasitas komunitas dunia usaha.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

H. Joko Asmoro, SE, MM

Ketua Umum AMPHURI